Selasa, 11 Oktober 2016

Fungsi Wizard dan Rumus

Apa itu function wizard atau fungsi wizard ? Function Wizard merupakan fitur/fasilitas tambahan dari microsoft office excel untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan fungsi-fungsi yang tersedia. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu menghafal seluruh fungsi Excel yang jumlahnya ratusan buah karena Anda akan dipersilakan memilih fungsi yang dikehendaki sesuai dengan kategori masing - masing. Setelah fungsi terpilih, langkah selanjutnya yaitu akan diperlihatkan wizard kedua yang mempersilakan Anda memasukkan masing-masing argumennya. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah demi langkah penggunaan fungsi wizard tersebut sebagai berikut.
Contoh: Fungsi Sum ()
Sekarang mari kita menunjukkan bagaimana menggunakan fungsi.
Anda dapat menggunakan fungsi dengan mengetikkan langsung atau menggunakan wizard fungsi. Fungsi Wizard akan terbuka bila Anda memilih fungsi dari menu “Formulas” dari “Fungsi Library.” Jika tidak, Anda dapat mengetikkan = dalam sel dan menu drop-down akan memungkinkan Anda untuk memilih fungsi.
excel formula SUM
Wizard memberitahu Anda argumen apa yang Anda perlukan untuk setiap fungsi. wizard juga menyediakan link ke petunjuk online jika Anda memerlukan bantuan untuk memahami apa fungsi yang akan digunakan dan bagaimana menggunakannya. Sebagai contoh, jika Anda mengetik = sum ke dalam sel, wizard akan menunjukkan argumen apa yang diperlukan untuk fungsi SUM.
excel formula fungsi sum
Ketika Anda mengetik fungsi, wizard inline atau tepat di jari-jari Anda. Bila Anda memilih fungsi dari menu “Formulas”, yaitu kotak pop-up wizard. Berikut adalah pop-up wizard untuk fungsi SUM ().
excel formula fungsi sum argument
Untuk fungsi pertama kita, mari kita gunakan SUM (), yang menambahkan daftar nomor.
Misalkan kita memiliki spreadsheet ini mengandung rencana penganggaran liburan keluarga Anda:
excel formula sum menambahkan daftar nomor
Untuk menghitung total biaya Anda bisa menulis = b3 + b4 + b5 tapi lebih mudah untuk menggunakan fungsi SUM ().
Dalam Excel, mencari simbol Σ di sudut kiri layar Excel untuk menemukan tombol AutoSum (matematika menggunakan huruf Σ Yunani untuk menambahkan serangkaian angka).
excel formula fungsi sum autosum
Jika kursor berada di bawah angka anggaran keluarga, Excel cukup pintar untuk tahu bahwa Anda ingin jumlah daftar nomor di atas di mana Anda menempatkan kursor, sehingga menyoroti angka.
excel formula fungsi sum autosum jumlah
Tekan “enter” untuk menerima kisaran yang dipilih oleh Excel atau menggunakan kursor untuk mengubah sel-sel yang dipilih.
Jika Anda melihat apa yang dimasukkan ke dalam Excel spreadsheet Anda dapat melihat bahwa itu menulis fungsi ini:
excel formula fungsi sum autosum sel
Dalam formula ini, Excel meringkas angka dari B3 ke B9. Catatan, terdapat beberapa ruang bawah 3 baris  sehingga bisa menambah anggaran lain sewaktu-waktu. Fungsi matematika tidak bekerja dengan huruf, jadi jika Anda menempatkan huruf ke dalam kolom hasilnya ditampilkan sebagai “#NAME?” Seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
excel formula fungsi sum autosum menggunakan huruf
#NAME? menunjukkan bahwa ada beberapa jenis kesalahan. Bisa jadi banyak hal termasuk:
  • referensi sel buruk
  • menggunakan huruf dalam fungsi matematika
  • menghilangkan argumen yang diperlukan
  • ejaan nama fungsi yang salah
  • operasi matematika ilegal seperti pembagian dengan 0
Cara termudah untuk memilih argumen dalam perhitungan adalah dengan menggunakan mouse. Anda dapat menambah atau menghapus dari daftar argumen ke fungsi dengan memperbesar atau membuat lebih kecil kotak yang Excel tarik ketika Anda memindahkan mouse atau klik di sel lain.
excel formula fungsi sum membuat kisaran
Tekan “enter” untuk mengkonfirmasi hasil.

o   MENGGUNAKAN RUMUS (FORMULA)
Rumusmerupakanbagianterpentingdari Program Microsoft Excel ,karenasetiaptabeldandokumen yang kitaketikakanselaluberhubungandenganrumusdanfungsi. Operator matematika yang akanseringdigunakandalamrumusadalah ;

Lambang
Fungsi
+
Penjumlahan
-
Pengurangan
*
Perkalian
/
Pembagian
^
Perpangkatan
%
Persentase

Proses perhitunganakandilakukansesuaidenganderajaturutandari operator ini, dimulaidaripangkat (^), kali (*), ataubagi (/), tambah (+) ataukurang (-).

MENGGUNAKAN FUNGSI
Fungsisebenarnyaadalahrumus yang sudahdisediakanoleh Microsoft Excel, yang akanmembantudalamprosesperhitungan. kitatinggalmemanfaatkansesuaidengankebutuhan. Pada umumnyapenulisanfungsiharusdilengkapidenganargumen, baikberupaangka, label, rumus, alamatselataurange. Argumeniniharusditulisdengandiapittandakurung ().BeberapaFungsi yang seringdigunakan:

1.        FungsiAverage(…)
Fungsiinidigunakanuntukmencarinilai rata-rata darisekumpulandata(range).  Bentukumumpenulisannyaadalah=AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, danseterusnyaadalah range data yang akandicarinilai rata-ratanya.Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOd95k5sxkfdiNBKkjpS9cv2zIXUvvQIF-ARzrCb8SyzepO9Ak5mXUHRhQhyphenhyphenE94DYRcrzYnmUxDBQcM0y7vIk46eZM-Jvr8TrbCrV4ybhtreFDXkqT4Res9kVjSeDZ9X45XOslqS1SCHQ/s400/Fungsi+Average+dalam+Microsoft+Excel.jpg
Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.

= Average ( B2:B11)


2.             FungsiLogikaIF(…)
Fungsiinidigunakanjika data yang dimasukkanmempunyaikondisitertentu. Misalnya, jikanilaisel A1=1, makahasilnya 2, jikatidak, makaakanbernilai 0. Biasanyafungsiinidibantuolehoperatorrelasi (pembanding) sepertiberikut ;
Lambang
Fungsi
=
Samadengan
< 
Lebihkecildari
> 
Lebihbesardari
<=
Lebihkecilatau sama dengan
>=
Lebih besar atau sama dengan
<> 
Tidaksamadengan

IF Tunggal
Misalnya dalam kasus penentuan apakah seorang siswa lulus ujian TIK atau tidak. Syarat kelulusan yaitu nilai kurang dari 75 maka harus remidi dan apabila mendapatkan nilai mulai dari 75 ke atas maka lulus.
contoh penggunaan rumus if tunggal excel
Sesuai dengan syarat yang digunakan, maka rumusnya
IF(KONDISI,”NILAI BENAR”,”NILAI SALAH”)
=IF(B3<75,”REMIDI”,”LULUS”)
Dan hasilnya
perhitungan hasil rumus if tunggal
IF Majemuk
Syarat atau kondisi pada rumus ini adalah lebih dari dua, dimana hasil pertama, kedua, ketiga dan seterusnya akan sesuai dengan syarat tersebut, sedangkan syarat terakhir tidak sesuai dengan syaratnya.Dari contoh kasus di atas, disyaratkan apabila :
  • nilai <50, maka Gagal
  • nilai 50 sampai <75, maka Remidi
  • nilai >=75, maka Lulus
sehingga rumusnya menjadi:
Rumus:
 =IF(KONDISI,”NILAI BENAR1”, IF(KONDISI2,”NILAI BENAR2”,”NILAI SALAH”)
=IF(B3<50;”GAGAL”;IF(B3>=75;”REMIDI”;”LULUS”))
dan hasilnya
hasil perhitungan rumus if majmuk/ganda

3.             FungsiMax(…)
Fungsiinidigunakanuntukmencarinilaitertinggidarisekumpulan data (range). Bentukumumpenulisannyaadalah=MAX(number1,number2,…), dimana number1, number2, danseterusnyaadalah range data (numerik) yang akandicarinilaitertingginya.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel
Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

= Max ( B2 : B11)


4.                  FungsiMin(…)
Sama halnyadenganfungsimax, bedanyafungsi min digunakanuntukmencarinilaiterendahdarisekumpulan data numerik.
= Min ( B2 : B11)
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel
5.      FungsiSum(…)
Fungsi SUM digunakanuntukmenjumlahkansekumpulan data padasuatu range.Bentukumumpenulisanfungsiiniadalah =SUM(number1,number2,…). Dimana number1, number2 danseterusnyaadalah range data yang akandijumlahkan.
Latihan2 :
Untuklebihmengertimengenairumusdanfungsi-fungsi di atas, perhatikancontohkasus di bawahini:
Buatlahtabelseperti di bawahinipada Microsoft Excel:

A
B
C
D
E
F
G
H
I
1
DAFTAR NILAI MAHASISWA
2
SEMESTER GANJIL 2016/2017
3
POLITEKNIK NEGERI MALANG
4









5
 MATA KULIAH : MS EXCEL






6
GROUP : C







7









8
NIM
NAMA
TGS 1
TGS 2
UTS
UAS
NILAI
KETERANGAN
9
ANGKA
HURUF
10
001
GITA
90
90
40
40



11
002
PUTRA
100
90
60
45



12
003
RONI
90
80
75
65



13
004
ANGGARA
100
100
80
100



14
005
PAULA
90
80
70
80



15
006
FIONA
100
90
70
65



16
007
ROY
90
100
40
40



17
008
SETIAWAN
100
90
50
25



18
009
BIMA
90
80
40
30



19
010
THERESIA
80
80
40
20



20
NILAI TERTINGGI





-
-
21
NILAI TERENDAH





-
-
22
RATA-RATA





-
-
Komponennilaiadalah :
1.      TugasSebelumUTS (TGS 1)         : 10%
2.      UTS                                               : 40%
3.      TugasSetelahUTS(TGS 2)            : 10%
4.      UAS                                  : 40% +
Nilai                                  : 100%
Setelahnilaidalambentukangkadidapatkan, makadiubahmenjadinilaihurufdenganketentuansebagaiberikut:
0          E         40        D         55        C         70        B         85        A         100


Langkah-langkahnya :
1.      Untukmencarinilaiakhirdalamangka, arahkan pointer padaselG10, kitaakanmenghitungnilai(0-100) dari 4 komponen yang tersediayaitu TGS 1, TGS 2, UTS, danUAS. Sesuaidenganmasing-masingbobotnilai, tuliskanrumus di bawahini:
=(C10*0.1)+(D10*0.1)+(E10*0.4)+(F10*0.4)

2.      SelanjutnyauntukG11sampaiG19, tinggal copy-paste dariG10.
Jikaada yang merasakesulitanmengcopy-paste, silahkanbertanya pada asisten.
(Hot key : Copy ->Ctrl+C& Paste-> Ctrl V)
3.      Kemudianuntukmengetahuinilaitertinggidari tugas 1, arahkan pointer keC20, gunakanfungsi yang sudahdisediakan di Microsoft Excel yaituMAX(…).
=MAX(C10:C19)

4.      SelanjutnyauntukD20sampaiG20, tinggal copy-paste dariC20.

5.      Demikianjugauntukmencarinilaiterendah, kitagunakanfungsiMin(…). Arahkan pointer keC21, ketikkanrumus di bawahini:
=MIN(C10:C20)

6.      SelanjutnyauntukD21sampaiG21, tinggal copy-paste dariC21.

7.      Untuk rata-rata gunakanfungsiAVERAGE(…), arahkan pointer ke C22.
=AVERAGE(C10:C19)

8.      SelanjutnyauntukD22sampaiG22, tinggal copy-paste dariC22.

9.      Kemudianuntukmengkonversidariangkakehuruf, kitamenggunakanfungsilogikaIF(…), arahkan pointer keH10.
=IF(G10>=85,"A",IF(G10>=70,"B",IF(G10>=55,"C",IF(G10>=40,"D","E"))))

10.  SelanjutnyauntukH11sampaiH19, tinggal copy-paste dariH10.

11.  Untukmengisiketerangan, kita aka menggunakanfungsilogikaIF(…) lagi, arahkan pointer keI10. Lalutulisrumus di bawahini:
=IF(H10="A","SANGAT BAIK",IF(H10="B","BAIK",IF(H10="C","CUKUP",IF(H10="D","
KURANG","TIDAK  LULUS"))))

12.  SelanjutnyauntukI11sampaiI19, tinggal copy-paste dariI10.

13.  Setelahselesaisilakansimpanhasilkerjaandadengannama file baru :absen_nama_lat2.xls.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengantar Komputer Template by Ipietoon Cute Blog Design